Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya

Air Seni

Bagi sebagian orang, air seni alias banyu pipis mungkin hanya berguna untuk tes atau penelitian laboratorium. Nyatanya tidak demikian. Pasalnya, ada obat-obatan yang berasal dari air seni dan dipercaya dapat mengatasi menopause.

Dahulu, jauh sebelum pasta gigi dikenal, para ahli medis Mesir kuno membuat odol dari bubuk batu apung yang diberi cuka. Sementara bangsa Romawi memanfaatkan air seni untuk memutihkan gigi dan mereka percaya bahwa yang paling manjur ialah air seni dari Portugal.

Yang nggilani (agak menjijikkan), air seni konon dahulu dipercaya memutihkan dan meneguhkan letak gigi pada gusi. Inilah mengapa air seni dipercaya bisa dipakai untuk kumur-kumur. Glek! Karena itu, bangsa Romawi mengumpulkan air seni dari toilet-toilet umum dan menarik pajak dari penjualannya.

Ada fakta lain dari air seni ini. Pada abad ke-20, sebelum dibaut secara sintetis, nitrogen dari air seni dipakai sebagai campuran mesiu. Artinya, air seni waktu itu bisa digunakan untuk bahan peledak.

Entahlah ini fakta atau mitos. Tapi, saat di kamar mandi, saya melihat gigi-gigi saya yang kusam dan teringat kisah pemutih gigi yang dipercaya bangsa Romawi tersebut.

Castralokananta, 7 Mei 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Cobain deh mas Eko. Ntar kalo dah ga lusam lagi kasih tau akuuuhhh

08 May
Balas

Ayo berangkat taraweh Mas

07 May
Balas

Baru selesai Pak Haji. Tadi habis nulis langsung berangkat. Barakallah... Ditunggu ngopi tipis-tipisnya kembali dalam suasana buka puasa Ramadhan. Aamiin

07 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali