Eko Prasetyo

Pengalaman jurnalistiknya ditempa di Jawa Pos. Kini aktif menggiatkan literasi menulis di Indonesia. ...

Selengkapnya
Kemendikbud Siapkan Instruktur Nasional Sagusabu

Kemendikbud Siapkan Instruktur Nasional Sagusabu

BOGOR -- Bersiap untuk terjun ke daerah-daerah di seluruh Indonesia, itulah yang akan dijalani oleh para instruktur nasional satu guru satu buku (sagusabu) ini. "Ditjen GTK Kemendikbud berharap program sagusabu ini bisa menyentuh guru-guru yang belum mendapat diklat menulis buku di Indonesia," ujar Mohammad Ihsan, pemimpin umum MediaGuru.

Karena itu, lanjut dia, Kemendikbud menghelat pelatihan instruktur (ToT) sagusabu di P4TK Penjas-BK pada 13-15 Maret 2018.

Sebanyak 17 instruktur berasal dari unsur penulis,editor, guru, kepala sekolah, dan pengawas yang pernah mengikuti diklat sagusabu. Mereka dianggap memenuhi syarat sebagai instruktur sagusabu karena berhasil menghasilkan karya. Di antaranya, Febry Suprapto (Bondowoso), Murman (Demak), Wiwik Puspitasari (Medan), dan Nining Suryaningsih (Bandung Barat). Selain itu, ada pula unsur widyaiswara penulis. Di antaranya, Ari Pudjiastuti dan Istiqomah (P4TK PKn-IPS Kota Batu) serta Mulyati (LP2KS Solo).

Seusai didaulat sebagai instruktur nasional sagusabu, mereka akan diterjunkan di setiap diklat sagusabu. Terutama yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan.

"Banyak guru yang belum tersentuh pelatihan literasi menulis buku ini. Saya berharap, keberadaan teman-teman penulis ini bisa menjawab kebutuhan peningkatan mutu guru di daerah. Terutama dalam hal wawasan penulisan buku," terang Mansur Fauzi, kepala P4TK Penjas-BK.

"Pelatihan ini lumayan berat. Tapi, pembekalan materi dan penguatan mental di diklat ini setidaknya membuat saya semakin siap untuk mengabdi dan berbagi pengalaman," jelas Syaiful Rahman, instruktur nasional sagusabu asal Sumenep. (eko/mg)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah dari Solo ada Bunda Mulyati Selamat untuk sahabat saya di Mediaguru , mari bersinergi membudayakan Literasi dan kita lihat hasilnya. Terima kasih Mas Eko untuk hotnews-nya Bra....................................................................................................................................vo

13 Mar
Balas

Selamat.bagi yang didaulat. Semoga kian hebat. Tebarkan ilmunya.

13 Mar
Balas

bravo yangb terpilih

13 Mar
Balas

Luar biasa

14 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali