Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya
Konsistensi Itu Kunci Menulis di Gurusiana

Konsistensi Itu Kunci Menulis di Gurusiana

Selama kurun lima bulan, Gurusiana dihiasi nama-nama kondang seperti Pak Edi Prasetyo, Pak Haji Ahmad Syaihu, Bu Rayhana Rasyid, Pak Mulya, Bu Siti Ropiah, dan beberapa nama lainnya. Sejak Januari 2019 hingga Maret lalu, nama-nama tadi menjadi jaminan mutu di enam besar. Pasti.

Menulis di Gurusiana itu memiliki seni tersendiri. Bebas, tapi tetap harus santun dan memegang etika sebagai bloger Gurusiana.

Yang terpenting ialah merawat pembaca. Jika ini menjadi pertimbangan, sang bloger harus rutin menulis. Ya seperti Pak Mulya asal Tangerang itu. Rutin setiap hari. Saya kira, inilah yang membuat beliau konsisten di enam besar penulis populer bulanan di Gurusiana.

Pak Edi Prasetyo, kepala sekolah asal Purbalingga, malah lebih greng. Tidak hanya rajin, ia juga punya segmen pembacanya sendiri. Artinya, mau nulis model apa pun dan genre apa pun, tulisannya tetap akan dibaca para penggemarnya.

Lain lagi gaya Pak Syaihu. Gurusianer favorit 2017 dan 2018 ini rajin menerbitkan buku dari tabungan tulisan di Gurusiana. Ia juga rutin mengirimkan link tulisannya ke banyak grup WA dan medsos. Tak heran jika tulisannya selalu nangkring di artikel populer. Setiap hari lho. Dahsyat!

Maka, kuncinya adalah konsistensi. Jangan cepat puas jika hari ini menyabet artikel populer. Sebab, jika setelah itu ndak nulis selama tujuh bulan, posisi Anda akan rawan digusur penulis lainnya.

Pekalongan, 21 April 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantab kuncinya Istiqomah dalam menulis, Barokallah jangan lupa boron daster batik untuk janda-janda satu RT, Barokallah

21 Apr
Balas

Siaaaaapppp Pak Haji

21 Apr

Siap Insya Allah.... Salfok sama fotonya... he he he

21 Apr
Balas

Bismillah Bu

21 Apr

Wah..saya jadi ketohok nih. Belum bisa kondisten setiap hari. Hihi

22 Apr
Balas

Terima kasih motivasinya pk...semoga kami para pemula juga bisa mengikuti jejak para senior kami...

21 Apr
Balas

Siap Bu. Kami tunggu dg setia

21 Apr

jangan bosan ya pak kl kring berbunyi, maklum pemula. motifasi bapak sangat membantu kami, semoga kami bisa mengikuti jejak bapak

25 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali