Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya
Malam Selikur

Malam Selikur

Bismillahirrahmanirrahiim. Tak terasa hari ini sudah memasuki malam ke-21 Ramadhan. Alhamdulillah. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, kekuatan, dan kesabaran agar tetap istiqamah dalam memakmurkan masjid. Aamiin.

Di kalangan masyarakat Jawa, malam ke-21 Ramadhan ini juga dikenal dengan sebutan malam selikur. Biasanya, kegiatan mendaras Alquran ramai dilakukan di surau, musala, dan masjid-masjid, terutama pada malam setelah shalat Isya dan Tarawih.

Selain itu, kaum muslim biasanya melaksanakan shalat Qiyamul Lail, shalat Tasbih, shalat Tobat, atau shalat-shalat sunah lainnya. Semuanya dilakukan untuk mengejar lailatul Qadar (malam Qadar).

Bulan suci Ramadhan memang selalu istimewa. Sebab, pada bulan inilah Allah menurunkan Alquran. Pada bulan ini pula, terdapat malam Qadar yang lebih baik daripada seribu bulan (sekitar 73 tahun). Baginda Nabi SAW bersabda, ”Siapa yang berdiri (shalat) pada malam lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR Bukhari dan Muslim). Karena itulah, banyak kaum muslim yang berlomba-lomba untuk meraih kemuliaan malam Qadar.

Di sisi lain, kita juga bisa melihat paradoks saat sepuluh malam terakhir Ramadhan. Pusat-pusat perbelanjaan terlihat lebih ramai. Stan-stan pakaian dan perlengkapan Lebaran lebih diserbu.

Namun, itu akan lebih tampak ketika tunjangan hari raya sudah cair. Jika THR belum ada di genggaman, jangan khawatir. Ambil spidol dan lakukan seperti yang saya lakukan pada foto yang terlampir di tulisan ini.

Castralokananta, 25 Mei 2019

(Hasbunallah wani’mal wakiil…)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Gapai kebaikan senilai 1000 bulan. Salam Yes

25 May
Balas

Bismillah, fastabiqul khairat... Aamiin yes...86 always yes

25 May

Persib di dadaku... Djanur tetap idolaku... Jgn lupa oleh2 Umroh dilempar ke Langensari! Semoga semuanya dilancarkan! Aamiin YRA!!

26 May
Balas

Siaaap Ndan... Persib kahiji, Persebaya tetap selalu

26 May

Mantab, semoga bisa bertemu Lailatul qodar, Aamiin.

25 May
Balas

Aamiin yaa Mujibasailin

25 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali