Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya

Mengakhiri Duopoli    

Sudah jadi rahasia umum bahwa penyebab tiket mahal pesawat adalah praktik duopoli yang dilakukan Lion Group dan Garuda Group. Kasus yang sukar dibantah adalah hilangnya Air Asia di daftar online travel agent (OTA) Traveloka waktu itu.

Mau dibuat alasan macam-macam pun oleh Lion dan Garuda, toh praktik duopoli sulit dibantah. Memang ada guyonan satir di medsos yang menyebut bahwa bukan tiketnya yang makin mahal, tapi kantong kita yang tak mampu (baca: miskin).

Sayangnya, pernyataan Menhub Budi Karya Sumardi malah tidak meneduhkan. Ia meminta masyarakat menerima saja keadaan ini. Ia juga mengatakan bahwa kondisi ini justru bagus karena warga bisa naik bus. Lha terus bagaimana dengan mereka yang berasal dari daerah pelosok yang tidak ada transportasi bus? Menyedihkan.

Saya melihat kondisi ini justru bisa mengancam kelangsungan maskapai itu sendiri. Lihat saja bandara-bandara besar seperti Juanda, Soekarno-Hatta, dan Kualanamu justru sepi di musim mudik Lebaran ini. Statistiknya tak seperti tahun lalu. Ini fakta, bukan hoax.

Jika berlarut-larut dan penumpang terus-menerus sepi, apa ndak nyahok maskapai pelat merah seperti Garuda? Karena itu, peluang hadirnya maskapai asing untuk rute domestik merupakan solusi yang pas saat ini. Tujuannya tentu saja mengakhiri duopoli ini. Main wajar saja, Bung!

Castralokananta, 29 Ramadhan 1440 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jadikan Bola Voli ok. Yes Mas.

02 Jun
Balas

86 Ndan, oke

02 Jun

Seharusnya ada perhatian pemerintah

15 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali