Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya
Menghargai Buku

Menghargai Buku

Jika ada orang yang menghina buku, saya heran. Sebab, tidak sepantasnya kita merendahkan karya orang lain. Entah itu terkait dengan mutunya yang dianggap rendah ataupun hal teknis lainnya.

Apabila ejekan tersebut dilontarkan oleh seorang praktisi penerbitan atau penulis, saya malah sangat sedih. Sebab, tidak semestinya seorang praktisi atau penulis merendahkan karya orang lain.

Saya belajar menulis dari banyak tokoh seperti Dahlan Iskan, Budi Darma, Tengsoe Tjahjono, dan lainnya. Tidak ada satu pun di antara mereka yang pernah menghujat karya orang lain. Tidak ada. Bahkan, Prof Budi Darma yang merupakan begawan sastra Indonesia itu kami kenal di IKIP Surabaya sebagai sosok yang amat rendah hati. Pak Budi selalu mengapresiasi tulisan mahasiswanya dan orang lain. Soal ini, silakan tanyakan sendiri ke penulis-penulis kondang yang pernah dididik Pak Budi. Misalnya, Satria Dharma, Much. Khoiri, dan Pratiwi Retnaningdyah.

Karena itu, sebisa-bisanya saya mencontoh keteladanan mereka dengan menghargai karya tulis orang lain. Kalaupun tulisannya jelek dan kacau balau, eh maaf keceplosan, maksudnya: kalaupun tulisannya perlu pembenahan, ya sebaiknya disampaikan secara halus dengan tetap memberikan apresiasi.

Jadi, menghargai buku itu penting. Apabila dirasa ada kekurangan dan unsur-unsur yang menyalahi kaidah, ya sampaikan saja tanpa harus merendahkan sebuah karya tersebut.

Lantas, cara menghargai buku itu seperti apa? Ya membacanya dong! Misalnya, jika menerima hadiah buku dan isinya ternyata dianggap tidak menarik, terus bagaimana? Saran saya: Tetap dibaca saja. Misalnya, kita bisa membaca judulnya saja atau daftar isinya saja. Tapi, hal ini tak perlu Anda sampaikan ke penulisnya. Oke?

Castralokananta, 2 Mei 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

buat yang bikin buku, jangan lupa agar orang2 yang Anda beri buku agar memberikan komen. biar pas

02 May
Balas

Termasuk Ibu

02 May

Yes 5x....Mas

02 May
Balas

What? KUA yes? Yes, yes, dor!

02 May

Siap 86 Mas Eko... Sedih ya mas, sampai mbrebes mili gitu...wkwkwk

02 May
Balas

Pipi basah Bu

02 May

Ashiiiyaaaap... Mas...

02 May
Balas

Waduh, mungkinkah buku saya bikin mata Mas Eko perih, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

02 May
Balas

Bacaan yg sejuk Bu

02 May

Pake saputangan mas, jangan pake dasi...mahal hihi..

02 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali