Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya
Mutu

Mutu

Tahu Fahmi Sahab? Jika tahu, usia Anda bisa ditebak. Ya, Fahmi Sahab adalah penyanyi yang memopulerkan lagu Kopi Dangdut yang fenomenal pada 1990-an itu.

Tahu klip videonya? Jika tahu, umur Anda kian bisa ditebak. Sebab, dibandingkan lagu-lagu dangdut era sekarang yang lebih ngoplo dan mengedepankan erotisme, Kopi Dangdut adalah salah satu lagu dangdut terbaik di Indonesia.

Tahu bagaimana Fahmi Sahab berjoget di klip video tersebut? Jika tahu, umur Anda benar-benar ketahuan sekarang.

Bagi saya, Kopi Dangdut merupakan oase dangdut bermutu ketika Indonesia tengah diberondong lagu-lagu dangdut koplo yang hanya menampilkan kemolekan tubuh penyanyinya. Coba Anda buka YouTube lalu setel Kopi Dangdut-nya Fahmi Sahab. Selanjutnya, siapkan headset agar bisa mendapatkan kualitas suara yang maksimal. Lalu coba resapi musiknya, dengarkan liriknya, dan amati bagaimana Fahmi berjoget. Terakhir, cobalah goyangkan kepala pelan-pelan saat melihat klip video tersebut. Nah, yak begitu! Iya begitu, bagus!

Ngomong-ngomong soal mutu, kita sekarang rasanya benar-benar mengalami krisis mutu. Tidak hanya lagu-lagu dangdut, coba tilik buku-buku kita sekarang. Itulah mengapa banyak orang yang kangen mendengarkan lagu-lagu lawas dan membaca buku-buku lawas. Bumi Manusia-nya Pramoedya Ananta Toer sudah terbit lebih dari 35 tahun silam dan sekarang masih diburu orang.

Bicara buku bermutu tak pernah mudah karena tolok ukurnya sendiri masih sangat subjektif. Banyak aspeknya, mulai sisi penulisannya, editingnya, hingga isinya. Yang terutama tentu saja sisi kebermanfaatannya yang bagi sebagian pembaca awam disebut aspek hiburan.

Karena itu, MediaGuru terus mendorong tumbuhnya gerakan literasi membaca dan menulis. Terus-menerus hingga mencapai kualitas yang baik. Butuh proses panjang tentu saja.

Mengapa kita harus membaca dan menulis? Anda tentu punya jawabannya. Yang jelas, dua kegiatan itu mampu memudahkan jodoh (kedua).

Castralokananta, 7 Juli 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hhhhhhh.. Kita satu tujuan. Isi gurusiana dengan tulisannya yang mantab. OK Mas

10 Jul
Balas

Bacanya tegang banget...

07 Jul
Balas

Maklum

07 Jul

Keren, selalu simple tapi dalam isinya. Seperti ada kilas balik yang ingin disampaikan. Prolognya itu, pakai copi dangdut hehe...

07 Jul
Balas

Hasbunallah wani'mal wakiil

07 Jul

Jadi, buku lahiran MG harus ada dangdut koplonya yah Mas Eko, biar yang baca ikut goyang, hehehe. Terus galakkan literasi, khusus untuk Bekasi. Sukses selalu dan barakallahu fiik

07 Jul
Balas

Bekasi luar biasa gerakan literasinya. Terima kasih utk Bu Ropi, Mas Wiro, Bu Ary, Mbak Mugi, dkk lainnya. Bekasi keren beud.

07 Jul

ampamg pak kalau mau membuat buku yang bermutu dan lagu yang berkualitas. berikan aja judulnya ''BUKU INI BERMUTU''. dan ''MUSIK INI BERKUALITAS''. Salam Litarasi.

09 Jul
Balas

Gampamg pak kalau mau membuat buku yang bermutu dan lagu yang berkualitas. berikan aja judulnya ''BUKU INI BERMUTU''. dan ''MUSIK INI BERKUALITAS''. Salam Litarasi.

09 Jul
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali