Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya

Pengalaman Pertama Puasa

Saya mualaf. Itu puluhan tahun lalu. Maka, berpuasa Ramadhan saat pertama tentu menyisakan kesan tersendiri bagi saya. Berat, tapi nikmat.

Begitu pertama menjalankan puasa pertama kala itu, pikiran dan konsentrasi saya terpecah gara-gara es kopyor yang lumayan menghantui. Tak mudah pula menghindari godaan ketan yang tertutup (baca: lemper).

Maka, meme yang baru muncul tiga tahun terakhir itu benar adanya dan saya alami. Misalnya, melihat kanebo (lap khusus motor) laksana dadar gulung. Apalagi saat melintasi warung yang tirainya tertutup sebagian pada bulan suci. Sungguh puasa pertama saya waktu itu betul-betul penuh perjuangan. Pasalnya, saya memang tak terbiasa berpuasa sebelumnya.

Saat itu ada yang menyarankan agar saya belajar berpuasa duhur dulu. Maksudnya, ketika azan duhur berkumandang, saya bisa berbuka. Setelah kuat, hari berikutnya bisa dilatih puasa sampai magrib. Namun, saya bergeming. Mencoba belajar puasa sehari penuh sampai magrib. Toh alhamdulillah berhasil.

Sungguh Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya. Ibadah shaum Ramadhan itu membawa banyak kenikmatan. Yang betul-betul terasa saja adalah nikmat sahur dan berbuka yang tiada bandingannya.

Semoga Ramadhan tahun ini membawa kebaikan bagi kita semua dan kita termasuk golongan yang mendapat ampunan-Nya. Aamiin.

Castralokananta, 6 Mei 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

yes..kita siam. Salam semangat Mas!

06 May
Balas

Semangat Ndan. Yes, yes, yes... Kulonprogo!

06 May

Aamiin ya robbal alaamiin. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, Mas Eko.

06 May
Balas

Matur nuwun Bund... Salam hormat

06 May

Aamiin ya Robbal'alamiin... Semoga selalu diberi kesehatan, kebahagian dan kesuksesan . Barakallah Mas Eko

06 May
Balas

aamiin yaa Mujibasailin

06 May

he he he puasa pertama yang berkesan, hebat tahan derita, meskipun lemes, perut perih, bibir pecah- pecah oeo..tetap puasa, Karakter yang melandasi tulisan2nya, ringan tapi sangat kuat.

06 May
Balas

Selamat berpuasa pak Eko..

06 May
Balas

Makasih Bund. Salam hormat

08 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali