Eko Prasetyo

Pengalaman jurnalistiknya ditempa di Jawa Pos. Kini aktif menggiatkan literasi menulis di Indonesia. ...

Selengkapnya
”Sagusabu? Uuugh… Sukaaakkk!”
CEO MediaGuru Moh. Ihsan memberikan motivasi kepada ratusan guru, kepsek, dan pengawas di Dispendik Gresik pada 15 Mei 2018. (eko/mediaguru)

”Sagusabu? Uuugh… Sukaaakkk!”

GRESIK – Wajah-wajah resah terlihat di aula Ainul Yaqin Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik pada 15 Mei 2018. Mereka adalah perwakilan KKG, MGMP, dan KKPS yang mengikuti diklat satu guru satu buku (sagusabu). ”Resah karena tak tahu mau nulis apa. Atau resah karena menanti-nanti kapan acara ini segera berakhir,” tutur Eko Prasetyo, pemred MediaGuru, yang disambut gerrr oleh sekitar 160 peserta itu.

Lilik Suharti, Kasi Program Dispendik Gresik, tak menampik data bahwa belum banyak guru yang menulis, terutama di Kabupaten Gresik. ”Karena itu, kami berharap semangat teman-teman bangkit dengan pelatihan yang menghadirkan fasilitator dari MediaGuru ini,” tuturnya.

Ia berharap, para peserta tersebut mampu mengimbaskan hasil diklat itu ke ratusan kolega dan kompatriot mereka. ”Inilah gerakan yang memang kami harapkan,” tegas CEO MediaGuru Mohammad Ihsan.

Beberapa peserta dari KKG dan MGMP mengira diklat ini tidak menarik. ”Saya kira sama dengan pelatihan-pelatihan lain yang nggak ada hasilnya. Ternyata ini beda,” aku salah seorang peserta asal Sidayu yang enggan menyebutkan namanya.

Mereka benar-benar disuntik motivasi habis-habisan oleh Ihsan. Situasi semakin mencekam ketika mereka dipaksa menulis oleh Eko. ”Insyaallah tidak ada jalan merangkak. Tak ada tugas berjalan di atas titian tali di atas tebing. Ndak ada terjun di atas pesawat Hercules tanpa payung. Itu semua kurang kerjaan dan ndak ada kaitannya dengan penulisan buku,” terang pria yang mbencekno (menjengkelkan, Red) tapi ngangeni itu.

Dispendik Gresik tak ingin ada semangat sepicha lumba shalala. ”Artinya, pelatihan yang tiada berbekas apa-apa,” tutur Kasdari, Kabid Dikmen Dispendik Gresik. Semangat yang diharapkan adalah cinta literasi. Tentunya juga ucapan bahagia: ”Uuughh…. Sukaaakkk!!!” (ep/mg)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Akhirnya tahu juga nih artinya semangat sepicha lumba shalala He he he

15 May
Balas

semoga berkah mas eko ilmunya

15 May
Balas

Mantap habiiis, aku juga punya buku karena motivasi yang luar biasa dati Tim media guru. Terima kasih Pak M. Ihsan dan Mad Eko.

20 May
Balas

Belum tau mereka..... He..he....

15 May
Balas

Wow, dah.....syatttt. saya juga suka loh.

15 May
Balas

Selamat untuk peserta pelatihan Sagusabu Gresik, selamat menjadi Penulis handal, saya juga orang Gresik lho

15 May
Balas

Sukaaak...! Akhirnya saya punya buku. Kalau tidak dipaksa menulis, mungkin sampai saat ini menulis buku hanyalah angan-angan. Barakallah, Mas Eko.

15 May
Balas

Masak baru satu hari sdh punya buku karangan sendiri jangan.. Jangann..

15 May

Masak baru satu hari sdh punya buku karangan sendiri jangan.. Jangann..

15 May

Kereeeen...

16 May
Balas

Pelatihan tadi kayak mengarungi ganasnya ombak di laut Bawean.

15 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali