Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya

Tol Sepi

Saat mengunjungi Pekalongan, saya melihat kendaraan besar masih lewat jalan-jalan utama kota. Akibatnya, aspal jalan rusak. Tidak mulus.

Padahal, sudah ada jalan tol. Menurut sopir taksi daring yang mengantar saya, truk-truk lebih suka lewat jalan biasa. "Waktu masih gratis, jalan-jalan protokol sepi. Sebab, semua truk besar lewat tol tersebut," ujarnya.

Begitu tolnya resmi berbayar, truk-truk bertonase besar itu kembali ke jalan utama kota. Mahal, demikian alasan mereka. Dari Pekalongan ke Semarang, misalnya, tarif tolnya Rp84 ribu.

Kondisi ini juga saya temukan di Surabaya. Tol Surabaya-Solo saja sepi. Paling banter yang lewat situ ya kendaraan pribadi. Padahal, awalnya tol Trans Jawa dibuat untuk mengurai kemacetan.

Tapi, saya bisa memahami keadaan ini. Sebab, bagi sopir truk, selisih Rp5 ribu itu sangat berharga. Lebih baik untuk ngopi daripada buat bayar tol yang mahal. Begitu alasan mereka.

Menurut saya, tarif mahal tersebut sebenarnya bisa disiasati. Kita tak perlu mengeluarkan uang untuk tol tadi jika sedang tidak pergi ke mana-mana.

Pekalongan, 22 April 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jhiaaaaa....

22 Apr
Balas

Huwaaaaaaa

22 Apr

Disimpan dulu ya Mas. Menabung utk jalan tol. Rajin menabung dan dapat dipercaya....haha

22 Apr
Balas

Nah...

22 Apr

Menabung ke tol mah buntung, mending gunakan buat jajan anak, hee...hee...

22 Apr
Balas

Betul, betul, betul

22 Apr

hehehe....dirumah saja njh Pak eko ..irit

25 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali