Eko Prasetyo

Motonya: "Di dalam kesulitan selalu ada kemudahan" yang dinukil dari Alquran....

Selengkapnya

Yang Saya Takutkan…

Bismillahirrahmanirrahiim. Sulit mengungkapkan perasaan ini ketika imam shalat Tarawih mengingatkan jamaah tentang pentingnya membaca Alquran. Tak hanya membaca, tapi juga memahami dan mengamalkannya.

Sebab, Alquran-lah yang nanti menjadi penolong kaum mukmin ketika hari pembalasan tiba. Di tiap-tiap huruf Alquran yang dibaca, Allah memberikan pahala kebaikan. Pahala ini dilipatgandakan di bulan suci Ramadhan.

Maka, ketika Ramadhan sudah akan berlalu seperti sekarang, kaum muslim layak bersedih. Apakah kita sudah benar-benar memperlakukannya seperti tamu agung atau kita masih disibukkan dengan kepentingan duniawi semata?

Saya menjadi begitu sedih. Ketika kita dengan gagah membanggakan budaya membaca dan menulis, tapi anomali lain terlihat jelas: buta aksara Alquran. Maka, saya amat takut jika tidak mampu membaca Alquran ketika sisa hidup di dunia semakin berkurang. Astaghfirullah.

Kita tentu tidak menampik fakta bahwa masih begitu banyak umat Islam yang tidak bisa membaca Alquran. Mengaku Islam tapi tidak cemas ketika tidak shalat lima waktu. Mengaku Islam namun memojokkan agamanya sendiri. Mengaku Islam tapi tidak berpuasa meski tak sedang berhalangan. Mengaku Islam tapi enggan belajar membaca dan mengamalkan Alquran.

Ini menjadi pengingat untuk saya pribadi dan kita semua kaum muslim. Semoga kita diberi kekuatan, kesehatan, dan kesabaran dalam membumikan Alquran, baik di hati kita maupun di masyarakat. Menyebarkan kebaikan meski hanya satu ayat. Allahumarhamna bil Quran….

Castralokananta, 29 Mei 2019

(menjelang malam 25 Ramadhan 1440 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sungguh benar kemuliaan itu. OK Mas.

29 May
Balas

Mari berburu lailatul qadar, Pak. Salam oke, yes 86 always Jogja di dadaku...

29 May

Jadi tertonjok nih, hehehe. Selalu sukses dan barakallahu fiik

29 May
Balas

Allahummarhamna bil Quran. Barakallah Bu

29 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali