Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kangen Al-Aqso

Setiap kaum muslim pasti merindukan tiga masjid ini, yaitu Masjidilharam, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqso. Begitu pula saya.

Suatu ketika saya melihat foto-foto yang dikirim Mas Fauzan di akun Facebook-nya. Foto jamaah umrah yang kebetulan singgah di Masjid Al-Aqso. Mas Fauzan ialah traveler dunia yang biasa diminta memandu jamaah umrah backpacker.

Masjid Al-Aqso merupakan saksi bisu peristiwa besar Isra Mikraj. Perjalanan Baginda Nabi dari Makkah ke Baitul Maqdis lalu naik ke Sidratulmuntaha dalam semalam. Sebuah perjalanan spiritual yang dahsyat untuk menerima perintah salat.

Masjid Al-Aqso merupakan kompleks yang berada di Kota Lama Yerusalem. Sebuah kota suci bagi agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Terakhir, saya melihat rombongan Dr Syafiq Riza Basalamah yang berkunjung ke Al-Aqso seusai umrah di Tanah Suci.

Kompleks ini dijaga ketat oleh tentara Israel. Jika kebetulan bisa menjejakkan kaki di sini, kita bisa melihat banyak umat Yahudi yang berdoa di kompleks tersebut. Terutama Tembok Ratapan (Wailing Wall) yang tingginya 17 meter dan panjang sekitar 48 meter.

Konon dulu panjang tembok itu mencapai 450 meter. Nama semulanya ialah Tembok Barat. Inilah mengapa tembok ini membentang dari barat (Al-Maghribah) sampai ke kompleks Masjid Al-Aqso. Dibangun di zaman Raja Herodes dan dihancurkan oleh pemberontak pada sekitar 70 Masehi.

Masyaallah, kerinduan ini langsung menghambur kalau teringat Al-Aqso. Alhamdulillah kebahagiaan itu datang tadi. Saya bisa melaksanakan salat Jumat lagi di Masjid Al-Aqso. Bukan Masjid Al-Aqso di Yerusalem Timur lho ya, tapi Masjid Al-Aqso di Sukodono.

Castralokananta, 29 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Endinge selalu tak terduga

30 May
Balas

Haahaahaa... Lak mesti mas Eko

29 May
Balas

Alhamdulillah. Terobati juga hati Mas Eko yang sedang rindu dengan Al-Aqso. Salam hormat saya buat Mas Eko.

29 May
Balas

Keren pak. Al-aqso selalu menjadi inspirasi

30 May
Balas

Alhamdulillah....walaupun masjid Al-Aqso di Sukodo hilang juga rindu mas Eko.

29 May
Balas



search

New Post